Miris, Seekor Gajah Sumatera di Riau Ditemukan Mati Dibunuh Tanpa Belalai


PEKANBARU - Seekor gajah sumatera liar ditemukan mati di Kelurahan Kelayang, Kecamatan Kelayang, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau.

Bangkai gajah ditemukan dengan kondisi belalai sudah terpotong.

Kematian gajah tersebut diduga akibat dibunuh oleh manusia. Sebab, gajah ini sempat masuk ke permukiman dan perkebunan warga.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Suharyono mengatakan, kasus kematian gajah dilaporkan pada Rabu (15/4/2020), pukul 14.12 WIB.

"Kami menerima laporan dari Bhabinkamtibmas Polsek Kelayang terkait adanya seekor gajah yang mati," ujar Suharyono dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (16/4/2020).

Menurut Suharyono, berdasarkan hasil dokumentasi yang disampaikan oleh pelapor, kondisi bagian depan kepala gajah terdapat sayatan benda tajam.

Gading gajah masih utuh. Namun, kondisi belalai gajah sudah terpotong dan bagian belalai lainnya masih berada di sekitar bangkai gajah tersebut.

"Atas laporan ini, tim berangkat ke lokasi bersama anggota Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau untuk menyelidiki kematian gajah," kata Suharyono.

Suharyono menyebutkan, dari hasil pemeriksaan, gajah yang mati dibunuh ini merupakan gajah tunggal.

Gajah tunggal tersebut telah terpisah dari kawanannya di kantong gajah Tesso Tenggara.

"Gajah tunggal ini beberapa kali memasuki area pemukiman atau perkebunan masyarakat, yang merupakan bagian dari wilayah jelajah (home range) gajah tersebut," kata Suharyono, dikutip kompas.com.

Pihak BBKSDA sudah beberapa kali melakukan upaya penghalauan bersama masyarakat sejak Juni 2019 sampai April 2020.

Namun, pada saat dilakukan penghalauan, tim mengalami kendala.

Sebab, masih ada beberapa warga desa yang kurang kooperatif.

Untuk mengantisipasi tindakan warga yang membahayakan gajah, saat itu tim BBKSDA Riau dan kepolisian melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Namun, gajah tersebut akhirnya ditemukan mati dan diduga telah dibunuh oleh manusia.

BBKSDA Riau mengutuk keras tindakan pembunuhan satwa liar gajah sumatera tersebut.

"Kami bersama dengan penegak hukum akan melakukan penyelidikan terhadap kejadian ini. Untuk kepentingan penyelidikan dan penyidikan, barang bukti akan diamankan di BBKSDA Riau," kata Suharyono.(halloriau) 

0 Response to "Miris, Seekor Gajah Sumatera di Riau Ditemukan Mati Dibunuh Tanpa Belalai"

Post a Comment

Daerah (19) Dunia (1) Duri (1) Health (1) Hukrim (20) Inhil (1) Nasional (13) Peristiwa (3) Prostitusi (1) Religi (1) Riau (1) Tulang Bawang (1) Viral (2)
Recent Posts Widget

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel